Video

728x90 AdSpace

Penyebab dan cara mengatasi kamera smartphone buram karena baret/berembun

By Otong - Saturday, September 12, 2015 No Comments
hasil kamera buram?? kaca pelindung lensa kamera baret/tergores?? ada embun dalam ruang lemansa kamera smartphone?? 



Penyebab dan cara mengatasi kamera smartphone buram karena baret/berembun
Bingkai/kaca pellindung lensa baret
selamat sore sob.. gimana kabarnya nih??
Semoga pada sehat wal-afiat yaa..  
Oke pada postingan kali ini saya akan share tentang bagaimana cara mengatasi hasil kamera smartphone yang  buram. Kisah ini berawal dari pengalaman pribadi sih, waktu itu saya hendak memotret sebuah objek yang saya rasa cukup unik, namun betapa terkejutnya saya terhadap hasil kamera yang begitu sangat tidak memuaskan, kenapa tidak karena sebelumnya kamera saya masih baik2 saja. Memang sudah  lumayan lama saya tidak menggunakan kamera hh oprekan ini kalo nggak salah sekitar 1-2 bulanan gitu karena kesibukan akhir-akhir ini yang mungkin cukup menyita waktu. Nah atas kejadian tersebut saya mengingat-ingat perihal apa yang sampai menyebabkan kamera android saya tersebut sampai min 25 :v :v kwkw.. 

Penyebab dan cara mengatasi kamera smartphone buram karena baret/berembun
hasil kamera buram, tidak nampak objek sama sekali

Sungguh miris hati melihat hasil kamera hh saya yang begitu parahnya. Sempat terfikir akan membeli smartphone yang baru, namun sayang rasanya jika harus mengeluarkan budget lebih hanya karena masalah di kamera, padahal spesifikasi lainnya masih terbilang cukup lumayanlah..akhirnya saya putuskan memberanikan diri untuk mencoba memperbaikinya sendiri dengan segala resiko yang akan saya dapatkan nanti (hati berdebar-debar sih antara berhasil atau malah tambah parah :v, ahh bodo amat mending gagal mencobalah dari pada penasaran diam saja hehe maklum jiwa opreakers kebawa,,kwkw)
Sebenarnya yang menyebabkan kamera menjadi buram ini ada beberapa faktor,

1.       Kaca pengaman lensa baret/tergores
Hal ini bisa saja terjadi karena sering bergesakan dengan benda padat/kasar apalagi desain posisi kamera lebih tinggi dari pada posisi casing belakang (sama seperti desain hp milik saya). Kemungkinan lain terjadi karena sering keluar masuk saku yang terlalu ketat sehingga tanpa kita sadari hal tersebut akan membuat gesekan antara kaca pelindung lensa dengan kain saku yang terus menerus akan membuat kaca pelindung menjadi baret, terlebih lagi jika bahan yang digunakan berbahan jeans/kasar.
Saran: berilah pelindung hp/flip cover untuk melindungi hp sobat dan terutama kaca lensa kamera. Jangan menaruk hp/smartphone sobat dalam ruang yang terlalu sempit, tarulah dalam tas atau dalam saku yang cukup longgar dan berbahan lembut.


2.       Kaca pengaman lensa berembun
Hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi karena hawa panas yang di timbulkan dari komponen hp secara terus-menerus akan menguap melewati celah/pori-pori lensa kamera sehingga ketika suhu telah menjadi dingin uap panas tersebut akan berubah menjadi embun. Kemungkinan lain terjadi karena hp kita pernah jatuh ke air sehingga air akan masuk melewati celah-celah kecil dari kaca penutup lensa.
Saran: gunakan hp sobat sewajarnya (menghindari panas berlebih) dan mengeringkannya terlebih dahulu jika tercebur ke dalam air (kecuali sudah anti air)

Cara mengatasinya

1.       Oleskan kaca pelindung lensa dengan menggunakan pasta gigi.
Yaa pasta gigi di yakini bisa mengikis benda-benda yang terbuat logam. Caranya dengan mengoleskan sedikit saja pada kaca pengaman lensa kemudian gosok-gosok perlahan menggunakan kapas/kain kacamata atau kain yang bertekstur lembut. Setelah itu di coba kameranya, ulangi hal ini jika dirasa perlu/hasil belum maksimal.

2.       Berikan hawa panas pada daerah sekitar kaca pelindung lensa
Karena lensa berembun, maka kita harus membuat embun itu menjadi hilang dengan cara memanasinya dengan hairdryer namun jangan terlalu lama lakukan sekitar 3-5 detik. Atau bisa cukup dengan memberikan hawa dari mulut kita kemudian di lap dengan tisu/kain lembut.

3.     Bongkar bingkai/kaca pelindung kamera.
Hal ini merupakan tahap terakhir jika kondisi kaca pelindung sudah baret cukup parah atau embun yang ada daalm lensa terlalu banyak. Untuk mengatasinya  sobat klik link berikut, cara membongkar bingkai/kaca pelindung lensa kamera. saya telah merangkumnya di lain post agar sobat dapat memahaminya step by step dengan mudah yang telah saya sertakan dengan gambar.


 hack sticker bbm dengan mudah




Kamu seorang fashionista?? Wajib coba Jolie Jogja Wirobrajan

No Comment to " Penyebab dan cara mengatasi kamera smartphone buram karena baret/berembun "