Video

728x90 AdSpace

Kebisingan Tidak Lah Menyehatkan

By Otong - Tuesday, October 6, 2015 No Comments

Efek samping Kebisingan

Korangratisku - hidup di kota – kota besar itu kita harus bisa menghadapi banyak rintangan, selain macet macetan kita juga harus rela dengan suara suara bising ada konstan.
Salah satu sumber suara bising di kota Jakarta adalah perempatan jalan besar atau titik – titik kemacetan saat jam berangkat dan pulang kerja.

Suara mesin, knalpot, dan klakson dari ratusan kendaraan yang terdengar bersamaan bisa mencatat tingkat suara mencapai 103 desibel. Sekitar 17 tingkat menyamai deru pesawat saat lepas landas (120-130 desibel yang lama durasi panjangnya tidak boleh lebih dari 15 menitan.
Suara yang menekan telinga bukan Cuma berasal dari jalan tol kota saja , tapi juga dari suara volume pemutar musik dan suara televise kita dalam jangka yang cukup lama.

Suara yang bising yang berkepanjangan diketahui berdampak buruk bagi kesehatan. Bahaya yang sudah di ketahui antara lain meningkatkan resiko penyakit hipertensi dan jantung coroner.
Walaupun seseorang bisa tidur dalam kebisingan, tetapi sistem kardivaskular tubuh kita sebenarnya tidak bisa. Sistem saraf simpatik kita masih bereaksi dan kita akan kesulitan dalam fase tidur malam.
Environmental protection Agency AS, menyarankan batasan suara bising haruslah tidak lebih dari 55 desibel di area perumahan dan batas maksimal 70 desibel untuk melindungi kesehatan pendengaran anda.

Kebisingan juga memiliki dapak psikologis yang tidak baik, seperti mudah marah, tidak tenang, kurang konsentrasi dan sensitif .

Dari survey kesehatan indera di tujuh provinsi pada 1994-1996 lalu menemukan sekitar 16,8% penduduk asli Indonesia menderita gangguan pendengaran. Dari sekitar 4 juta jiwa di Indonesia yang tidak dapat mendengar dengan baik tersebut, sebanyak 12.000 orang (0,3%) tidak dapat mendengar dengan baik(tuli) karena kebisingan yang berlebihan.

Editor : admin blog ini









No Comment to " Kebisingan Tidak Lah Menyehatkan "