Video

728x90 AdSpace

Olahraga Dapat Menyehatkan Jantung Kita

By Otong - Tuesday, October 6, 2015 No Comments
Olahraga Dapat Menyehatkan Jantung Kita

Korangratisku – rutin berolahraga adalah salah satu cara untuk terhindar dari penyakit. Olahraga bisa membuat tubuh anda sehat dan bugar, termasuk menyehatkan jantung .

Dokter spesialis pembuluh darah dan jantung dari rumahsakit jantung harapan Kita Siska Suridanda Dany mengatakan, kalau olahraga yang rutin ini penting dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Akan tetapi, pilihlan olahraga Aerobic.

“pilih saja olahraga aerobic. Paling umum kita sarankan jalan –jalan atau jogging, berenang ,bersepeda, “ ujarnya Siskan dalam diskusi di Kantor Yayasan Jantung Indonesia ,Jakarta ,kamis(17/9/2015).

Siska menjelaskan , kalau olahraga tersebut bisa memicu pelepasan endorfin yang bisa meingkatkan rasa senang dan menghilangkan stress. Selain itu, olahraga bisa melebarkan pembilih darah juga, sehingga olahraga bisa mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Berbeda sekali dengan olahraga yang bersifat kompetitif, seperti sepak bola, futsal,bulutangkis, dan basket.

Menurut Siska, olahraga itu bisa meningkatkan hormone adrenalin dan memperberat kerja jantung. Kerja jantung yang bisa berakibat fatal pada orang yang telah mengalami penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh dara ini terjadi karena adanya gumpalan lemak atau dinding pembuluh darah. “ kalau bebannya jantung berlebihan, gumpalan itu bisa pecah dan menyumbat total aliran darah,” jelasnya Siska.

Aliran darah yang tersumbat bisa memacu terjadinya serangan jantung. Siska pun menghimbau masyarakat untuk rutin olahraga antara 30-60 menit sehari. Lakikan pemanasan terlebih dahulu dan diakhiri dengan pendinginan. Biasakan juga olahraga pada anak – anak atau sejak dini.” Mencegah itu jauh lebih baik. Kalau sudah terkena serangan jantung itu sudah terlambat,” jelas Siska.

Penulis : dian maharani
Editor: @korangratisku






No Comment to " Olahraga Dapat Menyehatkan Jantung Kita "