Video

728x90 AdSpace

Pola Hidup Anti Diabetes

By Otong - Sunday, November 8, 2015 No Comments

Pola Hidup Anti Diabetes

Korangratisku – kalau menurut data dari internasional diabetes federation ( IDF), jumlah penderita diabetes di seluruh dunia tahun 2014 mencapai 387 juta jiwa. Di Indonesia sendiri menepati posisi ke lima dengan perkiraan 9,1juta juwa setelah tiongkok, india ,amerika serikat, dan brazil.
Kalau anda tidak melakukan pencegahan mulai dari sekarang, pada tahun 2035 nanti jumlah penderita diabetes bisa meningkat duakali lipat.

Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular kementrian kesehatan Lily S Sulistyowati mengatakan, kunci utama untuk mencegah diabetes adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.
kuncinya adalah hidup dengan sehat. Bijak dalam memilih makanan bergizi seimbang, beraktifitas fisik sekurang-kurangnya 30 menit per harinya. Tinggalkan kebiasaan merokok,” ujar Lily di gedung kementrian kesehatan.

Pola makan sehat yang dimaksud adalah mengonsumsi sayuran, buah segar, daging tanpa lemak, dan kacang- kacangan. Pola makan tidak sehat seperti tinggi lemak bisa menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Kalau berdasarkan penelitian, obesitar itu bisa meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 20 kali lipat.

Selain diet sehat, adapun olahraga juga penting, seperti bersepeda, lari , berenang , maupun senam aerobic. Olaraga itu dianjurkan 30 menit perhari atau sekurang kurangnya tiga kali dalam seminggu.
Lily pun mengatakan kembali tentang pola hidup yang sehat , iitu semua terangkum dalam kata “ CERDIK” . CERDIK ini merupakan kepanjangan dari Cek Kesehatan Rutin, Enyahkanlah asap rokok, Ranjin Olahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup. dan Kelola stress.

Melakukan metode ini akan menjadikan pola hidup lebih sehat. Gaya hidup sehat pun bisa mencegah 70% kasus diabetes tipe 2 atau setara dengan 150 juta kasus tahun 2035/
Penyakit diabetes merupakan beban yang amat besar yang terus berlangsung. Penderita diabetes sangat beresiko mendapatkan penyakit lain seperti jantung dan stroke.

Editor : @korangratisku

No Comment to " Pola Hidup Anti Diabetes "