Video

728x90 AdSpace

Google Terbuat Dari 2.000 Juta Baris kode program

By Otong - Tuesday, September 22, 2015 No Comments
Fakta Kalau Google Terbuat dari 2.000 juta baris kode program

Korangratis- perusahaan google dan seluruh aplikasinya, seperti sheets,docs, serta slides, yang terdiri dari bahasa dan kode-kode pemrograman yang tidak sedikit. Jika dijumlahkan, jumlah kode tersebut mencapai 2miliar baris kode.

Barisan kode tersebut diperlukan untuk menjalankan segala perintah dan diinput menggunakan aplikasi atau websitenya. Semuanya disusun dengan rapi dan disimpan di dalam sebuah database.
Tidak tanggung – tanggung, semua itu membutuhkan ruang seluas 89 terabyte dalam harddisk dan pihak dari google pun harus memastikan semua kode itu aman tanpa gangguan apapun.

Dilansir kompas tekno dan BGR , Minggu (20/9/2015), google engineering manager raachel potvin mengungkap angka tersebut di dalam sebuah konferensi pekan ini.

Mereka juga menambahkan, agar semua kode- kode yang menggerakan seluruh aplikasi yang di produksi oleh Google itu aman maka mereka menyimpannya dalam 10 data center. Lokasinya penyimpanan data center itu tersebar di dalam seluruh penjuru dunia.

“walaupun saya tidak bisa memperlihatkan secara langsung, saya rasa ini adalah sebuah kumpulan kode terbesar yang aktif digunakan di seluruh dunia,” ujarnya potvin Miliaran kode itu membuat para teknisi Google bebas mengambil dan mengombinasikan kode dari berbagai proyek yang ada. Mereka semua bisa mengubah beberapa kode dengan mudah , kemudian mengirimkannya ke seluruh layanan milik perusahaan Google.

“Saat anda memulai sebuah proyek yang baru, anda sudah punya perpustakaan yang lengkap. Hampir seluruh hal yang ada di sana sudah selesai dikerjakan,” tambahnya.
Dia juga menerangkan bahwa kode dalam lunux kernel hanya berisi 1 juta baris dan 40 ribu file saja. Keseluruhan barisan kode program itu akan berubah setiap minggu , seiring pekerjaan yang dikerjakan oleh para pengembang.

Sumber: bgr
Editor: Admin Blog ini










No Comment to " Google Terbuat Dari 2.000 Juta Baris kode program "